Selasa, 25 Maret 2008

Prodi NMT Menyewakan LCD dan Laptop

Fapet Unsoed-Husbandry. Saat ini, mahasiswa Fapet yang ingin menyewa LCD dan laptop untuk keperluan seminar maupun kegiatan ekstrakurikuler tidak perlu susah mencari karena bisa menyewa di Program Studi Nutrisi Makanan Ternak (NMT_red). Ketika ditemui Husbandry di sela-sela kesibukannya, Ir. Tri Rahardjo, SU mebenarkan hal tersebut. ” Memang sekarang Prodi NMT menyewakan LCD bagi mahasiswa maupun dosen, cuma ada biaya sewanya.”. LCD yang digunakan merupakan hibah dari proyek Semi Que periode 2003-2004 dalam pengadaan alat. Pria yang sekarang menjabat sebagai Ketua Prodi NMT itu juga menjelaskan bahwa program menyewakan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas lulusan mahasiswa dikhususkan lulusan dari NMT.

LCD tersebut selain bisa disewa oleh mahasiswa NMT, mahasiswa dari prodi lain juga diperbolehkan untuk menyewanya. Akan tetapi biaya sewanya berbeda. ” Ya...selain mahasiswa NMT, mahasiswa dari prodi lain juga bisa nyewa cuma biaya sewanya beda ”, tandas pria berperawakan gemuk ini. Mengenai biaya sewa, setiap mahasiswa dari prodi lain dikenai biaya sebesar Rp 50.000,00 per sesi, sedangkan untuk mahasiswa NMT dikenai biaya setengahnya yaitu Rp 25.000,00. Biaya sewa untuk mahasiswa yang akan seminar panel juga berbeda, untuk mahasiswa dari prodi lain sebesar Rp 65.000,00 sedang untuk mahasiswa NMT sebesar Rp 35.000,00. Perbedaan ini karena pada awalnya LCD dan laptop digunakan untuk meningkatkan kualitas dari mahasiswa NMT, jadi wajar saja jika biaya sewa untuk mahasiswa NMT lebih murah dibanding mahasiswa dari prodi lain.

Lalu digunakan untuk apakah biaya sewa tersebut? Menurut Pak Tri, Ir. Tri Rahardjo,SU biasa akrab disapa ini ”Sampai saat ini biaya sewa telah terkumpul sekitar Rp 1.120.000,00. Uang ini digunakan untuk perbaikan computer serta untuk biaya cadangan jika LCD rusak.”

Tanggapan dari mahasiswa mengenai hal ini berbeda-beda. Saat ditemui Husbandry, Koko seorang mahasiswa angkatan 2002 angkat bicara, ” Ya..bagus juga dari prodi NMT bisa nyewain LCD, jadi kenapa ga digunain. Lagian kalo kita seminar pake laptop lebih keren gitu loh ”. Lain halnya dengan Andre mahasiswa angkatan 2004 ini,” Pake LCD lebih murah ketimbang pake transparansi, trus juga lebih bagus dan modern ” tuturnya. (Fiqi_193/Hus&Intan_187/Hus)

1 komentar:

gusanto at gmail dot com mengatakan...

Bagus juga ada laptop dan LCD untuk seminar. Tapi kalau di sewakan, ... , menurut saya kurang pas. Mestinya lembaga menyediakan fasilitas tersebut sebagai bagian dari "service" kepada mahasiswa. Barangkali jawabannya, "lha kan uang sewanya untuk maintenance". Masak lembaga tidak bisa mengadakan biaya untuk "maintenance" nya.

(gusanto-canada)