Jumat, 25 April 2008

Ex-Farm Under Pak Sufir Authority

Fapet-Unsoed.Menjalankan program yang telah direncanakan untuk membenahi manajeman ex-farm. Itulah yang diungkapkan Drh.Sufiriyanto ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (18/04) kemarin. Salah satu dosen Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman yang genap enam bulan memimpin ex-farm pada tanggal 1 Mei mendatang mengungkapkan bahwa program-program yang dia canangkan sudah mulai berjalan.

Bahkan sudah mulai menunjukkan hasil yang baik. Memaparkan program-program yang dia rencanakan, Drh.Sufiriyanto menjelaskan tentang pembagian program jangka panjang dan jangka pendek. Kepala laboratorium Kesehatan Ternak yang melepaskan jabatannya setelah menjadi pemimpin ex-farm ini mengaku hal yang paling awal dia benahi adalah masalah karyawan.

"Jadi begini, yang pertama kali saya benahi waktu itu adalah masalah karyawan. Karena pada saat saya baru masuk, itu ternyata suasana kerja karyawan tidak harmonis. Penyebabnya adalah karena ada kecemburuan sosial. Nah, kalo sekarang sudah tidak lagi", paparnya sembari mengingat-ingat. Menurutnya kecemburun sosial itu disebabkan karena anggapan beberapa karyawan tentang pembagian uang sisa hasil usaha yang tidak merata.

Hal lain yang tidak kalah penting untuk segera dijalankan adalah program jangka panjang untuk menjadikan ex-farm sebagai "Agribisnis Peternakan Terpadu" dimana ex-farm nantinya akan menjadi unit usaha yang mandiri dan menguntungkan. Untuk mencapai tujuan ini, dia dan staffnya sudah mulai melangkah dengan membenahi manajemen di ex-farm. "Langkah pertama yang saya lakukan yaitu dengan membagi ex-farm menjadi beberapa bagian unit usaha yang mandiri. Artinya setiap unit usaha berdiri sendiri dan saling mendukung", jelas dosen yang mengampu mata kuliah Ilmu Kesehatan Ternak ini.

Unit-unit usaha itu dianataranya adalah Unit Sapi Perah, Unit Sapi Potong, Unit Kambing, Unit Rumput, Unit Penanganan Limbah, Unit Unggas serta unit lain yang dianggap bisa berproduksi serta dapat dihitung hasil produksinya. Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa antar unit usaha saling membutuhkan dan harus memiliki target produksi serta perhitungan untung rugi.

Secara riil, dapat digambarkan misalnya Unit Rumput akan menjual rumputnya kepada Unit Sapi dengan harga Rp 200,00/Kg sehingga unit rumput mempunyai penghasilan. Kemudian Unit Sapi Perah akan mendapatkan penghasilan dengan menjual susu. Menurut Pak Sufir, begitu Drh.Sufiriyanto biasa dipanggil, hal tersebut bertujuan untuk memudahkan manajemen dan menilai tingkat keberhasilan usaha yang dijalankan. "Dengan adanya hal ini, saya berharap akan lebih mudah megontrol pengelolaannya. Selain itu, dengan ditetapkannya target produksi, kita bisa menilai tingkat keberhasilan setiap unit usaha tersebut", ujar orang nomor satu di ex-farm ini.

Selain hal tersebut, seperti disebutkan didepan mengenai kecemburuan sosial akibat pembagian sisa hasil usaha. Dengan sistem unit usaha ini, setiap karyawan akan mendapatkan bagian hasil usaha yang merata dan besarnya sesuai dengan apa yang dia hasilkan. "Begini, misalnya Unit Sapi Perah, para karyawannya akan mendapatkan fee (uang tambahan_red) dari pembagian keuntungan yang didapat. Nah, kalo besarnya itu tergantung hasil yang mereka capai. Jadi diharapkan selain tidak ada cemburu-cemburuan lagi semangat kerja mereka juga tinggi", ungkap Drh.Sufiriyanto berharap. Tidak lupa dia juga mengungkapkan bahwa para mahasiswa yang menjadi pawang kandang juga akan ikut merasakan hasil usaha meraka memelihara ternak ex-farm.

Berkaitan dengan posisi ex-farm sebagai tempat praktikum mahasiswa. Pria paruh baya ini menjelaskan bahwa tidak ada masalah. Praktikum tetap bisa dijalankan seperti biasanya. "Kalo masalah praktikum ya...tidak apa-apa, seperti biasanya saja. Wong ex-farm kan memang untuk itu.

Walaupun, memang biasanya kalo habis buat praktikum produksinya jadi turun tapi tidak apa-apa lah, kita tetap melayani dengan baik", ujarnya menjanjikan. Mengungkapkan harapannya, Drh.Sufiriyanto berharap adanya kerjasama yang baik dari semua pihak terutama dari kalangan civitas akademika untuk mendukung kemajuan ex-farm.(doT_188/HUS).

1 komentar:

occtaviadaigneau mengatakan...

Buy genuine titanium earrings online with free shipping - iTanium
Made by SEGA, this new accessory will take you to the next level with the SEGA Genesis game! titanium pipes Customize your ford escape titanium 2021 own custom earrings or customise your 하랑 도메인 own  ridge wallet titanium Rating: 4.5 · ‎20 reviews · ‎$8.95 · ‎In mens titanium watches stock