Jumat, 25 April 2008

Fapet Didik Mahasiswa dari Papua

Fapet Unsoed – Husbandry. Kurang lebih sudah empat bulan ini Fapet mendidik mahasiswa yang berasal dari luar Unsoed. Sebanyak 30 mahasiswa dari seluruh Indonesia mendapat kesempatan untuk memperdalam ilmu di Fapet Unsoed selama 1 semester mereka ditempa di D3 PTUP. Sebelum di Fapet, ke-30 mahasiswa tersebut dididik di PPPG ( Pusat Penataran Pengembangan Guru Pertanian ) Cianjur, Jawa Barat .

Program yang diprakarsai oleh DIKMANJEUR( Pendidikan Menengah dan Kejuruan ) dengan menjaring berbagai siswa teladan disetiap daerah yang kemudian diseleksi di propinsi asalnya. Barulah perwakilan tersebut menjadi duta-duta pelajar yang pembiayaannya dianggarkan oleh propinsi masing-masing sebagai utusan daerah. Setelah berlangsungnya kegiatan perkuliahan di Cianjur maka program tersebut kemudian dialihkan kepada DIKTI yang berkerjasama dengan Unsoed. Seperti yang diungkakpkan oleh Ir. Dzoeharso, BPWselaku Ketua Prodi D3 PTUP. “ Program tersebut merupakan kerjasama dari 3 intitusi yaitu Unsoed, DIKTI ,dan PPPG, dimana Unsoed akan mengeluarkan ijazah kelulusan melalui D3 PTUP sebagai insitusi yang berwenang yang. bertujuan untuk menghasilkan mahasiswa – mahasiswa unggulan dan maju. Sampai saat ini program tersebut telah berjalan dengan metode pembelajaran yang berbeda dari sekolahnya terdahulu.

Mahasiswa dari berbagai daerah mendapatkan kesempatan yang langka tersebut mulai dari wilayah Nanggroe Aceh Darusalam sampai Papua. Program ini juga bertujuan menjadikan mahasiswa tersebut menjadi guru yang dikemudian hari bisa berguna bagi daerah, “ Setelah kuliah selama 3 tahun ini kami akan kembali ke daerah masing-masing untuk menjadi tenaga pengajar” ujar Andig selaku mahasiswa yang menjabat sebagai koordinator di Peternakan. Teman seangkatannya juga sependapat bahwa setelah lulus mereka akan dijadikan guru dan bila di daerahnya tersebut tidak membutuhkan akan ditempatkan di tempat lain yang masih kosong. (Steve_194/Hus).

Tidak ada komentar: